Suryati, pengurus SPRT Merdeka Semarang, sudah berorganisasi selama 5 tahun sejak 2012

Yuni Sri Rahayu, salah satu reporter kami, berkesempatan mewawancara Suryati yang akrab dipanggil Mbak Sur dan kemudian menuliskannya.

PRT berorganisasi sangat penting, agar semua PRT tidak diperlakukan semaunya oleh majikan. Dulu PRT sebelum memiliki banyak teman, tidak berani dan tidak percaya diri, apalagi bicara mengenai haknya ke majikan.

Dengan bergabung dalam organisasi PRT di Semarang, SPRT Merdeka, Mbak Sur jadi tahu akan hak-haknya. Mak Sur bercerita bahwa dai dan kawan-kawan ikut sekolah yang diadakan SPRT Merdeka bersama JALA PRT dan LBH Apik Semarang. Dari Sekolah dia bertemu teman dan belajar bersama tentang hak kerja layak dan penanganan kasus. Mbak Sur mengatakan,“Kami mendapat ilmu baru, tambah wawasan, dan banyak temen. Dengan berorganisasi kami bisa mendampingi kawan yang mengalami masalah dari kerja layak.”

Mbak Sur bersama kawan-kawan mengorganisir temannya PRT di sekitar kampung Kedung Jangan dan di sekitar perumahan di daerah Ngaliyan, Semarang.

Mbak Sur dan kawan-kawan mengajak kawan-kawan PRT bergabung dengan mencoba mengeRap setiap ketemu PRT di jalan, di warung, dan di tempat kerja, dengan 6 langkah Rap. Dia juga mengadakan senam setiap minggunya, jadi di situlah dia mengajak PRT bergabung. Ada ibu-ibu yang minat dan tertarik ada juga penolakan, tapi dia tetap semangat dan mengajak terus.

Rep: Yuni SR – SPRT Sapulidi