Salam hangat untuk pembaca di mana pun berada. TUNGKU MENYALA  pada Edisi Ke-6  hadir dengan berbagai kesibukan yang padat, dari kesibukan Lebaran hingga advokasi untuk lahirnya Konvensi Mengakhiri Kekerasan di Dunia Kerja dan Hari PRT Internasional ke 8 yaitu 16 Juni 2018.

Sebagaimana momen Syawal Lebaran, ruang sosial ekonomi membagikan informasi kesibukan Lebaran dari persiapan hingga paska Lebaran. Bagaimana kawan-kawan PRT dengan segala proses tegang berjuang untuk mendapatkan uang dan cuti untuk bisa berLebaran menikmati momen berharga dan membahagiakan bersama keluarga dan handai taulan.

Ada juga tentang situasi kawan PRT yang bekerja infal di tengah masa-masa Lebaran. Bagaimana kawan-kawan PRT bekerja di situasi Lebaran dan bernegosiasi dengan majikan.

Sajian di ruang politik dan hukum membagi berita tentang pembahasan Rancangan Konvensi Mengakhiri Kekerasan di Dunia Kerja  dalam Sesi ke 107 Sidang Perburuhan Internasional Mei-Juni 2018 di PBB Jenewa, Swiss dan momen yang bersamaan Hari PRT Internasional.

Tak lupa pula di tengah hiruk pikuk PILKADA, bagaimana keberadaan sebagian besar dari 4,2 juta PRT di Indonesia dalam PILKADA tersebut. Hal serius yang sering ditinggalkan dan diabaikan Pemerintah karena tidak adanya jaminan penuh terhadap PRT sebagai warga negara dan sebagai pekerja.

Selamat Lebaran di bulan Syawal, Maaf Lahir Batin

Selamat bekerja, berkarya, berjuang untuk perubahan yang berkeadilan dan kesetaraan…..

 

(Redaksi)