Dulu tak terbayangkan oleh kami, kami jadi sebanyak ini.  Halaman SDN Cipete Utara 09-12 dipenuhi oleh kami. Untuk berbaris, parkir pun kurang lega.  Menggembirakan, artinya kita bertambah anggota, bertambah teman.

Iya, pagi ini di Minggu, 4 November 2018 kami Serikat Pekerja Rumah Tangga Sapulidi (SPRT Sapulidi) punya hajat untuk happy Senam dan Bazar bareng. Hajatan ini rutin diadakan dua kali setahun. Kali ini yang kedua. Senam dan Bazar yang lalu pas  1 April 2018. Pastinya kita bikin di tanggal muda yang biasanya habis gajian. Jadi masih ada uang untuk belanjalah meski kata kawan-kawan tinggal dikit…

Senam dan bazar ini untuk untuk kumpul bersama, saling jumpa anggota lama dan baru dari berbagai wilayah. SPRT Sapulidi terbagi atas 12 wilayah di sekitaran Jakarta Selatan dari Kuningan, Cipete, Kemang, Ampera, Cilandak, Terogong, Kebayoran, hingga Lebak Bulus Pondok Labu. Juga meluas ke Depok, Pondok Ranji, Ciledug, Bintaro.  Jadi ini salah satu event kami berkumpul.

Selain itu, acara ini juga untuk memperkenalkan SPRT Sapulidi ke masyarakat umum di sekitar tempat tinggal dan kerja PRT. Jadi kita selalu cari lokasinya di tengah lingkungan PRT dan gampang dijangkau. Berkat mbak Owik, kita dapat tempat di SDN Cipete Jl. Kirai.Seperti di SDN Cipete Utara 09 Kebayoran ini, dekat dengan Apartemen Dharmawangsa Essence, Kemang Village dan juga kampung tinggal kost kontrakan PRT. Jadi dengan Senam dan Bazar ini diharapkan warga tahu keberadaan dan tujuan organisasi dan mendukung PRT.Jauh pula info ini sudah disebarkan oleh para pengurus dan anggota melalui medsos. Apalagi ada pak Bagus yang bantu bikin video pengumuman senam bazar.

Sekitar 428 PRT datang bersama keluarga ikut terjun meramaikan acara. Rangkaian acara dibawakan oleh MC kami Reni dan mbak Aang, berdoa oleh mbak Adi, Indonesia Raya, Solidarity Forever oleh Sutina, sambutan Wiwin Rara, senam, aerobic hingga zumba dilanjut dangdut campur sari orjen tunggal. Yang menarik dari gerak senamnya, misal pas Poco-Poco dikreasi kawan-kawan anggota dengan gerakan dari persiapan berangkat kerja, berhias, hingga gerakan PRT bekera bersih-bersih, mencuci, memasak. Semua kreatif. Semua lagu, senam Kewer-Kewer, Goyang Dua Jari, Poco-Poco, aerobic hingga zumba bikin kami asyik larut menikmati bergoyang dan bersorak bersama.

Para instrukturnya juga dari para kawan-kawan PRT. Iya … di Sapulidi, kami memang ada tim senam aerobic ada Ajeng, Cyah, mbak Poni, mbak Arsi, mbak Endang,  dan zumba si mbak Lilis, Etti Geboy, Mey Moy yang menggerakkan anggota untuk senam, zumba. Latihannya senam tiap Sabtu malam Minggu sepulang kerja jam 7 malam dan zumba tiap Minggu tiap jam 3 setelah Sekolah Wawasan. Rasanya tak ingin berhenti bergoyang.

Tidak hanya kreasi gerak, kami juga berkreasi di dapur dengan aneka makanan untuk dijual di bazar. Kawan-kawan PRT punya banyak pengalaman keahlian memasak. Sedapnya tidak kalah dengan masakan di rumah makan ataupun restoran. Kawan-kawan antusias untuk mengenalkan hasil olahan masakan. Jauh hari kawan-kawan yang mau ikut bazar diminta mendaftar, menu makanan yang mau dijual. Koperasi PRT Sapulidi , mbak Misgi dan mbak Lilik mendaftar dan memilahnya, menu makanan dan jumlah yang dijual.  Ada peraturan, makanan tidak boleh sama, dan jumlahnya secukupnya, paling banyak 50.

Makanan yang disajikan cukup beragam. Kebanyakan makanan tradisional khas kampung asal kawan-kawan.Contohnya bu Sumi Samiyem berjualan pecel gendar. Bu Sukini berjualan gudeg dan pasangannya krecek,serta ayam serundeng. Sunarti atau akrabnya Santi yang berasal dari Madura, dia dibantu suaminya berjualan sate Madura. Mbak Oom dan Mbak Poni berjualan pepes, bothok, dan mangu. Bu Sumiyati berjualan ayam bakar, burung dara bakar. Uti dan gang SK Depok berjualan bakso yang dibikin sendiri. Amanah berjualan makanan Korea dari kimchi hingga kimbab. Ada peyek mbak Marmi yang renyah.Tak ketinggalan  minuman dari jamu, jus, es buah dan lain-lain yang dijual Yuni, mbak Bailah, Bu Atin, Harsha, Desy, bu Marsilah. Triyani yang jualan snack. Soal rasa, jangan diragukan ya … pokoknya dijamin maknyusss … karena mereka memilih bahan- bahan yang segar dan bagus, serta tidak menggunakan msg. Makanan rata-rata dijual Rp. 5.000an hingga Rp. 15.000an. Harga yang terjangkau oleh kami. Misal mangut mbak Poni dijual Rp.10.000an 1 porsi. Nasi ayam bakar bu Sumiyati dijual Rp. 13.000an, juga paket Gudeg bu Sukini yang bisa untuk makan keluarga. Minuman dijual Rp. 5.000. Pokoknya semua kata Koperasi Sapulidi, harus harga kawan, murah meriah dan sehat. Yang jualan senang, yang beli juga senang. Happylah kita semua jualan dan belanja. Habis senam bawa oleh-oleh masakan. Maklum hari ini kami tidak masak karena habis subuh sudah langsung otw ke tkp.

Tidak hanya makanan yang dijual. Bazar tapi bahan sembako, PIN organisasi, kalender, kaos kostum juga kemarin kita pasarkan. Koperasi menyediakan paket sembako dari paket yang murah hingga menengah sesuai kebutuhan dan kantong kita. Membeli pin, kalender dan kaos sama dengan menyumbang organisasi sekaligus berkampanye. Linda, dia sangat lihai menawarkan dagangannya dari kerudung hingga baju ke pembeli dan harganya bervariasi.

Sembari berkeliling membeli makanan, kawan-kawan gembira goyang orjen tunggal. Heboh …kawan-kawan ini, pokoknya lepaskan penat setelah bekerja semingguan. Maklum PRT di Indonesia masih jam kerja panjang dan bahkan tidak mendapat libur seharipun.

Tidak sampai 5 jam, jam 11 hampir semua makanan sudah terjual habis. Sampai-sampai bossnya reni datang tidak kebagian. Tim kebersihan mbak Sayem, princess Tinia beraksi.

Puas rasanya hari Minggu ini segala rapat, perdebatan, persiapan terbayar komplit tuntas…. Inilah happynya kita berorganisasi, berbanyak teman.

Ya… seperti lagunya Sandrina, Goyang Dua Jari (kita sebut Lima Jari, biar tidak dikira kampanye) …

Kalau kamu sendiri

Kamu jangan sedih

Jangan galau jangan pusing

Jangan dipikirin

 

Ayo kita happy-happy

Kita goyang lima jari

Kanan kiri kanan kiri

Puter-puter jari

 

Nah ….

kalau kamu sendiri

kamu jangan sedih

ayo kita cari teman

ikut saja sapulidi

 

ayo kita happy happy

kita goyang lima jari

ayo ikut sapulidi

biar kita happy

 

ayo kita berorganisasi

ikut sapulidi

biar kita happy

 

Rep: Leni S – SPRT Sapulidi

Diedit: Ta Ang, Jumiyem